Senin, 14 Juni 2010

Mount partisi NTFS pada free BSD

Wah,, ada ilmu baru yang saya dapat nih....
mungkin kurang advanced, tetapi cukup berguna bagi saya pribadi.
AKhirnya saya dapat membaca partisi NTFS windows saya di freeBSD. Pada mulanya, saya memakai dual boot, windows dan free BSD. Saya cukup bingung jika ingin mengakses data-data di windows jika sedang menggunakan free BSD. Alhamdulillah akhirnya bisa juga..

Sebelumnya saya mau cerita sedikit... begini.... kalau di windows, saat kita menancapkan flashdisk atau hardisk external, secara otomatis akan terdeteksi dan tinggal buka saja. Kalau di free BSD lain lagi ceritanya. Kita harus me mount nya secara manual (bisa juga secara otomatis).
Nah karena itulah, kita memerlukan suatu folder tempat kita me-mount disk tersebut.

Langkah-langkahnya
1. Buat terlebih dahulu folder untuk lokasi mountnya.
Disini saya membuat folder di /mnt , dan saya beri nama folder tersebut disk.
Jadi alamat lengkap lokasi mountnya adalah /mnt/disk/
2. Semua disk yang tertancap, akan terdeteksi di /dev/, jadi kita buka dulu folder /dev/
cd /dev
3. Perhatikan semua daftar isi pada folder /dev/ tersebut, kalau hardisk, biasanya diberi label ad0s1, ad0s2, ad0s3 ataupun lainnya. Di tempat saya, partisi windows diberi label ad0s1. Nah, saya akan me-mount partisi tersebut. caranya ketik
mount_ntfs /dev/ad0s1 /mnt/disk
maksud dari perintah tersebut adalah, kita me-mount ad0s1 ke folder /mnt/disk.
4. jadi sekarang kita dapat membuka partisi windows tersebut dengan masuk folder /mnt/disk
ketikkan cd /mnt/disk
lalu ketik ls
dan akan tampil daftar isi dari partisi windows tersebut.
5. kita akhiri dengan ucapan Alhamdulillah....

note : pada free BSD, disk dianggap sebagai suatu file. jadi dia dapat di mount dimanapun kita inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites