Minggu, 28 Agustus 2011

Install XP dengan hardisk SATA :-)

Assalamuallaikum.

Wah di bulan ramadhan ini, saya mendapatkan sedikit ilmu...
Saya mendapatkan ilmu ini saat diminta install ulang komputer di rumah. Saat saya mencoba install ulang, ternyata tidak selancar biasanya. Saat masuk installasi windows XP, ternyata hardisk tidak terbaca.... setelah bersemedi sekian menit... hehe, akhirnya tahu kalau hal itu dikarenakan hardisk di komputer rumah menggunakan SATA. Windows Xp blm dapat membacanya....
Nah... lumayan ribet juga tuh...

Kalau terjadi hal tersebut, jangan panik... berdoalah dan ucapan kata" mantra...
"Mari Searching......"

etelah search kesana kemari, eh.. search dsini tidak hanya pada dunia maya...
saya bertanya pada teman" yang pernah mengalami hal serupa.... dan ternyata Alhamdulillah ada juga teman yang mengalami nasib sama. Dia mengalaminya saat install ulang Xp di Laptop... oh... ternyata tidak hanya pada desktop, tapi pada berbagai hardisk SATA dimanapun berada... :)

Cara mengatasinya cukup simple....
begini.... intinya kita harus...
1. Memiliki CD windows XP
2. Memiliki driver hardisk SATA (ini terkadang ada pada CD driver motherboard)
3. Software untuk burn CD
4. Software nlite (ini sofware TOP ang dibutuhkan :-) )

Nah dengan berbekal keempat pusaka tersebut, selamat bereksperimen....
intinya.. kita memasukkan driver hardisk SATA kita ke CD windows XP..... baru kita burn ke CD, hingga menghasilkan CD windows XP yang dapat digunakan untuk install komputer kita
(seperti masak mie saja..... haha)

-Kenapa tidak saya tulis sangat lengkap hingga tiap proses kliknya?? karena saya yakin bila anda mau berusaha sedikit, pasti bisa...-

note : saat menu pilihannya, pilih yang DRIVERS dan MAKE BOOTABLE ISO

Wassalamuallaikum.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites